Jasa kebersihan atau
sering disebut cleaning service merupakan jasa yang banyak dibutuhkan oleh institusi
korporat. biasanya cleaning service yang kita tahu adalah jasa kebersihan yang
ada di setiap gedung-gedung. gedung atau kantor-kantor perusahaan.
Ternyata ada peluang
usaha cleaning service yang mentargetkan pasarnya adalah konsumen perumahan
atau personal. Dilihat dari pangsa pasar yang demikian besar sedangkan pemain
cleaning service rumahan yang masih sedikit, setidaknya membuat peluang usaha
ini sangat prospektif. Di negara-negara eropa dan amerika, jasa cleaning
service rumahan sudah lazim ada dan banyak pemainnya. Sedangkan di Indonesia,
anda berkesempatan mengibarkan bendera cleaning service anda sendiri yang belum
banyak pemain yang menggarap sektor perumahan ini.
Jasa yang ditawarkan
bisa berupa paket kebersihan lengkap, dimana rumah konsumen dibersihkan secara
total termasuk semua furnish. atau juga jasanya bisa per item, misalnya khusus
membersihkan gudang, khusus membersihkan karpet, khusus membersihkan kristal
lampu, dan seterusnya.
Tarif harga cleaning
service bisa anda tentukan sendiri dengan menghitung cost per meter persegi.
misalnya; rumah luas 150 meter persegi, dengan furnish yang banyak, tariff Rp.
10.000,-/meter2 x 150m = Rp. 1,5 juta. tetapi lain halnya jika rumah tersebut
furnishnya sedikit, tariff bisa lebih murah semisal Rp. 7.000,-/meter2.
Berapapun harga yang
anda tetapkan sebaiknya melihat harga dari kompetitor, sehingga harga yang anda
tawarkan masih kompetitif dan tidak kemahalan.
Peralatan cleaning
yang dipakai sama dengan peralatan perusahaan jasa kebersihan lainnya, cuma
bedanya anda tidak perlu membeli mesin poles lantai yang harganya masih lumayan
mahal. Cukup peralatan standar biasa seperti, lap, pel, kanebo, wiper kaca, peralatan
lain yang dibutuhkan dan bahan kimia / cleaning chemicals.
Pekerja cleaning
service bisa anda dapatkan dengan dua cara, rekrut tenaga berpengalaman dan
atau rekrut yang masih fresh graduate. Pekerja yang sudah pengalaman bisa anda
angkat sebagai supervisor lapangan. dan sistem penggajian berdasarkan
pengalaman kerja dan lama bekerja.
Cara pemasaran
cleaning service rumahan bisa dengan cara menyebarkan brosur ke
perumahan-perumahan kelas atas. membuat iklan online dan/atau iklan di media
cetak koran nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar